Kamis, 23 Desember 2010

Daurah Marhalah 1

Apa yang menarik menurut anda di Kammi?
jika ada pertanyaan seperti itu, pasti saya akan menjawab: "yang menarik dari kammi adalah Daurah Marhalahnya"..

hm.. memang kenapa anda menyukai daurah marhalahnya, kenapa tidak MK (madrasah Kammi), Halaqoh Gerakan, Temu Kader, Sekolah Siyasi, Training Militansi, training Pengkaderan Daerah, atau apapun?
yah.. saya akan menjawab: " Daurah Marhalah 1 Kammi memang menyimpan sejuta  kenangan dan pengalaman yang sangat menarik, sangat mengesankan..

Emang, apa yang menarik di Daurah Marhalah 1 itu?
Haduuh.. ngga kebanyakan nanya ya? :D
baiklah.. Daurah Marhalah 1 (misalnya Daurah Marhalah 1 Kammi ITB) memang titik tekan (nuqthatul intilaq) nya adalah loyalitas dan militansi kader baru.. sebagai pintu gerbang kader bisa masuk kammi dan jenjang awal kader (anggota biasa 1).. yang menarik di daurah marhalah kammi adalah proses pengenalan kammi kepada peserta didik.. meski tidak bisa dikatakan baik, tapi memang materi yang disampaikan berproses, bermarhalah (bertahap)..

hm.. sudah cukupkah pertanyaan antum?
Alhamdulillah, Daurah Marhalah 1 Kammi ITB sudah terlaksana, tanggal 17-19 Desember 2010 di Mesjid Al- Ihsan STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) dan Ponpes Babussalam Dago Atas, ciburial Indah..
Daurah yang tidak akan mudah dilupakan, meski pada awal tanggal pelaksanaannya bertepatan dengan tanggal istimewaku (hari millad pak mas'ul) tapi kok sampai lupa ya... barangkali ruang-ruang memori tentang millad itu sudah tertutupi dengan beragam persiapan dan pelaksanaan daurah marhalah ini...

Sebenarnya begitu banyak hal dan pengalaman yang teramat berkesan pada daurah marhalah.. ingatkah? kita disana menangis bersama-sama, memuhasabahi amaliyah yaumiyah kita, mengingat orang-orang yang kita cintai (orangtua kita, sodara kita, teman kita), mengingat bagaimana kesulitan dan penderitaan sodara kita di luar sana, mengingat bagaimana kondisi sodara seiman kita yang berjuang di jalan Allah, dan seterusnya... kita mencoba mengingat segala apa yang bisa diusahakan untuk diingat, merefleksikan segala hal yang sudah kita lakukan beberapa waktu kebelakang.. Duhai, muhasabah ini adalah muhasabah yang teramat mengesankan, InsyaAllah air mata dan jeritan hati kita waktu itu adalah air mata taubat dan muhasabah kita, energi baru bagi perjuangan dan keikhlasan kita kedepannya..

Muhasabah, kenapa mesti ada?
Sebetulnya bukan pertanyaan itu yang ingin ditekankan disini, tapi bagaimana agar muhasabah sebagai fasilitas transfer ruhiyah, membuka ruang-ruang imajiner dan tersembunyi agar berperan aktif dan merespon segala hal yang nyata.. membuka tabir hati dan ruang pemikiran, lalu dimunculkan dalam suatu upaya untuk merubah (jika masih salah) dan upaya untuk meningkatkan( jika masih sedikit).. entahlah, saya tidak bisa mendefinisikan sejelas-jelasnya.. mudah-mudahan ini sebagai suatu langkah bersama, langkah awal dalam lecutan kebangkitan kepribadian kita..

Dan..
yang tidak bisa dilupakan, yakni rihlatul alam (outbond)..
kenapa mesti begitu?
ya.. memang sangat mengesankan, perjalanan yang panjang dengan tidak sedikit kendala dan rintangan bagi peserta dan panitia.. namun rihlah memang menjadi lecutan awal untuk mengenalkan dan mendekatkan peserta dan panitia dengan alam lingkungan disekitarnya... agar alam dan kita menyatu, saling menyaksikan kesaksian dan ikrar2 yang dipanjatkan.. agar kita bisa mentausiyahi mereka juga bahwa kita sungguh-sungguh berikrar dan ingin menjadi yang lebih baik tentang masalah amal dan jihad..

meski entah kenapa? peserta sedikit kurang sigap dengan intruksi danlap pada awal-awal internalisasinya..
(pengalaman saya dulu, ketika disuruh kedepan, menyuarakan sesuatu, saya lakukan dengan berlari dan berteriak, saya yakin teriakan saya bukan teman-teman panitia dan peserta saja yang mendengar dan menyaksikan, akan tepati alam lingkungan sekitar pun menyaksikan, rumput-rumput, pepohonan, makhluk hidup yang ada di tanah dan di udara, ataupun batu dan tanah yang diinjak pun mereka akan menyimpan ruang memori mereka tentang syahadah dan ikrar kita itu)

Subhanallah, tetapi sedianya peserta dapat segera terkondisikan, dengan beragam intruksi dan peringatan dan arahan, akhirnya peserta dan panitia pun dapat terkondisikan dengan baik, sehingga  kita bisa bertingkatn pada proses selanjutnya dari internalisasi ini.. afwan akhi, meski tadi malam amaliyahnya belum maksimal, tapi sangat diusahakan agar bisa optimal..
subhanallah.. ikrar-ikrar para mujahid mujahidah pun lantang dan diteriakan dengan semangat dan penuh penghayatan dengan hati yang terdalam.. prinsip gerakan kammi pun dilantangkan: "Kemenangan Islam adalah Jiwa Perjuangan KAMMI"... dan seterusnya...

jujur saja, pada moment-moment itu adalah moment terlemah saya, sesuatu yang sangat berat dan perlu persiapan hati dan ketegaran yang besar dan banyak waktu untuk mempersiapkan kualitas amaliyah yaumiyah yang terbaik.. perlu dikondisikan sejak dini, agar kita bisa saling mentausiyahi dan mengingatkan dalam kebaikkan dan kesabaran, saling ber amar ma'ruf nahyil munkar, saling meri'ayah dengan segala hal yang bisa dilakukan..

menarik.. pemandangan puncak kota bandung yang mengesankan..
berharap di daratan yang kita injak waktu itu, adalah daratan tertinggi hingga kami bisa meneropong segala hiruk pikuk keadaan manusia di kejauhan, ingin mebisikan teriakan kita kepada mereka, bahwa kita sedang belajar menjadi mujahid/mujahidah yang baru... dengan semangat yang baru, dengan tekad mebaja dalam lecutan api kebangkitan yang menyala-nyala...
pemandangan kota/kabupaten bandung yang menarik, meski dinginnya udara waktu itu, sedikit membuat badan menggigil, tapi ada kekuatan tersendiri dan ada tekad yang kuat, sehingga kita bisa berbuat yang terbaik , meski belum sesempurna yang diharapkan oleh orang kebanyakan..

Subhanallah, semoga menjadi kenangan tersendiri, silaturahmi dan ukhuwah kita tidak akan pernah berhenti disini, akan selalu berlanjut dan akan selalu dilahirkan kader-kader terbaik.. InsyaAllah..
salam ukhuwah, salam mujahid/mujahidah..
salam kebangkitan da'wah, lagi-lagi lecutan api kebangkitan menyala, meski kecil, tapi ia akan membesar, menjadi api yang bisa menghangatkan, api yang bisa membakar segala hal ketidak berdayaan..
wallahu'alam bis shawab

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39
Get this widget

Posting Komentar

Silahkan Dikomentari....